Rabu, 07 September 2011

Prasarana dan Sarana



Ciri-ciri produk industry pariwisata
·         Hasil atau produk industry pariwisata tidak dapat dipindahkan
·         Peran perantara tidak diperlukan
·         Tidak dapat ditimbun
·         Tidak mempunyai standart atau ukuran yang obyektif
·         Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh factor non-ekonomis
·         Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli
·         Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin
·         Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
\
Obyek Wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang yang mengunjungi daerah tertentu.
·         Benda-benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta
Ø  Iklim, missal cuaca cerah
Ø  Bentuk tanah dan pemandangan, missal danau, pantai, gunung dll.
Ø  Flora dan fauna, tanaman yang aneh, cagar alam, taman burung dll.
Ø  Pusat-pusat kesehatan, missal sumber air mineral, madu lumpur dll.
·         Hasil ciptaan manusia
Ø  Benda-benda bersejarah, kebudayaan, kegamaan, misal monument bersejarah, museum, art gallery, acaratradisional, festival, upacara perkawinan, tempat ibadah.
·         Tata cara hidup masyarakat
Ø  Ngaben di Bali, Upacara pembakaran mayat di Tanah Toraja, Upacara Sekaten di Yogja, Upacara Waysyak di Candi Mendut dan Borobudur
Sebelum melakukan perjalanan, wisatawan ingin mengetahui : 
  • Fasilitas transporttasi yang akan digunakan dari dan ke daerah tujuan 
  • Fasilitas akomodasi 
  • Fasilitas catering service 
  •  Objek dan artaksi wisata 
  • Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan 
  • Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang-barang dan souvenir 
  • Tempat dan toko


Prasarana(infrastructures)
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perokonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapa tmemenuhi kebutuhannya.

Prasarana Perekonomian
  • Pengangkutan (transportation) : pengankutan yang dapat membawa wisatawan dari Negara/tempat asal ke tempat tujuan
  • Komunikasi : Telepon, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pos
  • Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi
  • Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Prasarana Sosial
Semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yang ada.
  • Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak dibidang kepariwisataan
  • Pelayanan kesehatan: jaminan tersedianya layanan kesehatan
  • Faktor keamanan :perasaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan supir taxi dll.
  • Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi
Prasarana menurut Prof Salah Wahab
  • Prasarana umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian
    • Pembangkit tenaga listrik, system penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, system irigasi, perhubungan dan telekomunikasi
  • Kebutuhan masyarakat banyak : prasarana yang menyangkut orang banyak
    • Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, SPBU, administrasi pemerintahan

Prasarana Kepariwisataan :

  • Receptive tourist plan : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan
    • Travel agent dan tour operator, tourist information center
  • Residental tourist plan : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap
    • Hotel, motel, cottages restaurant dll.
  • Recreative and sportive plan : fasilitas yang digunakan untuk rekreasi dan olah raga
    • Kolamrenang, berselancar dll.
Sarana
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup, serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan

Sarana pokok kepariwasataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalan wisata.
  • Travel agent dan tour operator, 
  • perusahaan angkutan wisata, 
  • hotel dan jenis akomodasi lain, 
  • bar dan restaurant, 
  • obyek wisata dan atraksi wisata.

Sarana perlengkapan kepariwisataan : Perusahaan atau tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
  • Saranaolah raga : lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar
  • Sarana ketangkasan :permainan bola sodok, jackpot dll.
  • Sarana penunjang kepariwisataan : perusahaan yang menunjang sarana perlengkapan dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi : Night club, casinos, steam bath



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar