Ciri-ciri produk industry pariwisata
·
Hasil atau produk industry
pariwisata tidak dapat dipindahkan
·
Peran perantara tidak diperlukan
·
Tidak dapat ditimbun
·
Tidak mempunyai standart atau ukuran yang obyektif
·
Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh
factor non-ekonomis
·
Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk
yang akan dibeli
·
Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin
·
Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
\
\
Obyek Wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang yang
mengunjungi daerah tertentu.
·
Benda-benda yang tersedia dan terdapat di
alam semesta
Ø
Iklim, missal cuaca cerah
Ø
Bentuk tanah dan pemandangan, missal danau, pantai,
gunung dll.
Ø
Flora dan fauna, tanaman yang aneh, cagar alam,
taman burung dll.
Ø
Pusat-pusat kesehatan, missal sumber air mineral,
madu lumpur dll.
·
Hasil ciptaan manusia
Ø
Benda-benda bersejarah, kebudayaan, kegamaan,
misal monument bersejarah, museum, art gallery, acaratradisional, festival,
upacara perkawinan, tempat ibadah.
·
Tata cara hidup masyarakat
Ø
Ngaben di Bali, Upacara pembakaran mayat di Tanah
Toraja, Upacara Sekaten di Yogja, Upacara Waysyak di Candi Mendut dan Borobudur
Sebelum melakukan perjalanan, wisatawan ingin mengetahui :
- Fasilitas transporttasi yang akan digunakan dari dan ke daerah tujuan
- Fasilitas akomodasi
- Fasilitas catering service
- Objek dan artaksi wisata
- Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan
- Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang-barang dan souvenir
- Tempat dan toko
Prasarana(infrastructures)
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perokonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapa tmemenuhi kebutuhannya.
Prasarana Perekonomian
Semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yang ada.
Prasarana Kepariwisataan :
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup, serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan
Sarana pokok kepariwasataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalan wisata.
Sarana perlengkapan kepariwisataan : Perusahaan atau tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perokonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapa tmemenuhi kebutuhannya.
Prasarana Perekonomian
- Pengangkutan (transportation) : pengankutan yang dapat membawa wisatawan dari Negara/tempat asal ke tempat tujuan
- Komunikasi : Telepon, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pos
- Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi
- Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yang ada.
- Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak dibidang kepariwisataan
- Pelayanan kesehatan: jaminan tersedianya layanan kesehatan
- Faktor keamanan :perasaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan supir taxi dll.
- Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi
- Prasarana umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian
- Pembangkit tenaga listrik, system penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, system irigasi, perhubungan dan telekomunikasi
- Kebutuhan masyarakat banyak : prasarana yang menyangkut orang banyak
- Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, SPBU, administrasi pemerintahan
Prasarana Kepariwisataan :
- Receptive tourist plan : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan
- Travel agent dan tour operator, tourist information center
- Residental tourist plan : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap
- Hotel, motel, cottages restaurant dll.
- Recreative and sportive plan : fasilitas yang digunakan untuk rekreasi dan olah raga
- Kolamrenang, berselancar dll.
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup, serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan
Sarana pokok kepariwasataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalan wisata.
- Travel agent dan tour operator,
- perusahaan angkutan wisata,
- hotel dan jenis akomodasi lain,
- bar dan restaurant,
- obyek wisata dan atraksi wisata.
Sarana perlengkapan kepariwisataan : Perusahaan atau tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
- Saranaolah raga : lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar
- Sarana ketangkasan :permainan bola sodok, jackpot dll.
- Sarana penunjang kepariwisataan : perusahaan yang menunjang sarana perlengkapan dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi : Night club, casinos, steam bath
Tidak ada komentar:
Posting Komentar