Sabtu, 10 September 2011

PEMASARAN PARIWISATA

PENGERTIAN


  • Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
  • Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya.
  • Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
  • Produk : dibuat menarik & harus tersedia

TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN 
  • Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
  • Memastikan apa yg dicari oleh konsumen
  • Mempengaruhi mereka

  • Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd konsumen

MARKETING MIX
  • Kebijasanaan produk
  • Kebijasanaan harga
  • Distribusi
  • Promosi dan publikasi
  • Penjualan
  • Jasa purnajual

KEBIJAKSANAAN PRODUK
  • Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
  • Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
  • Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll

KEBIJAKSANAAN HARGA
  • Harga produk
    • Jumlah harga komponen2nya
    • Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
    • Biaya angkutan
    • Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
    • Biaya untuk atraksi wisata
  • Elastisitas harga
    • Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
    • Sifat musiman pariwisata
  • Daya beli pasar wisata
    • Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita


DISTRIBUSI
  • Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
  • Produk tidak pernah hilang di pasar
  1. Distribusi produk pariwisata. Cara distribusi :
    • Distribusi angkutan wisata
    • Distribusi akomodasi wisata
    • Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
    • Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata
  1. Citra pariwisata
    • Gambaran ttg produk pariwisata
    • Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
      • Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
      • Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar

PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi
  • Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
  • Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen
  • Promosi langsung
    • Peragaan (display)
    • Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
    • Pameran khusus
    • Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
    • Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
  • Promosi tidak langsung
    • Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
    • Tujuan:
      • Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
      • Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
    • Cara yg digunakan:
      • Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
      • Publikasi dlm majalah2 profesi
      • Kunjungan pd perusahaan penyalur
      • Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
      • Menyelenggarakan temu karya “workshop”
      • Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata
Publikasi
  • Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
  • Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
  • 3 tahapan:
    • Penyebaran informasi
    • Penanaman kepercayaan
    • Penjualan
  • Mengandung 4 unsur pokok
    • Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
    • Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
    • Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
    • Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen
  • Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
  • Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
  • Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan
  • Hubungan Masyarakat
    • Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
    • Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
    • Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
    • Mengundang orang luar terpilih 
    • Mengadakan “open house”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar