- Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
- Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya.
- Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
- Produk : dibuat menarik & harus tersedia
TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN
- Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
- Memastikan apa yg dicari oleh konsumen
- Mempengaruhi mereka
- Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd konsumen
MARKETING MIX
- Kebijasanaan produk
- Kebijasanaan harga
- Distribusi
- Promosi dan publikasi
- Penjualan
- Jasa purnajual
KEBIJAKSANAAN PRODUK
- Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
- Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
- Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll
KEBIJAKSANAAN HARGA
- Harga produk
- Jumlah harga komponen2nya
- Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
- Biaya angkutan
- Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
- Biaya untuk atraksi wisata
- Elastisitas harga
- Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
- Sifat musiman pariwisata
- Daya beli pasar wisata
- Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita
DISTRIBUSI
- Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
- Produk tidak pernah hilang di pasar
- Distribusi produk pariwisata. Cara distribusi :
- Distribusi angkutan wisata
- Distribusi akomodasi wisata
- Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
- Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata
- Citra pariwisata
- Gambaran ttg produk pariwisata
- Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
- Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
- Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar
PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi
- Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
- Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen
- Promosi langsung
- Peragaan (display)
- Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
- Pameran khusus
- Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
- Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
- Promosi tidak langsung
- Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
- Tujuan:
- Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
- Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
- Cara yg digunakan:
- Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
- Publikasi dlm majalah2 profesi
- Kunjungan pd perusahaan penyalur
- Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
- Menyelenggarakan temu karya “workshop”
- Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata
- Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
- Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
- 3 tahapan:
- Penyebaran informasi
- Penanaman kepercayaan
- Penjualan
- Mengandung 4 unsur pokok
- Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
- Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
- Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
- Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen
- Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
- Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
- Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan
- Hubungan Masyarakat
- Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
- Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
- Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
- Mengundang orang luar terpilih
- Mengadakan “open house”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar